Cara Legal Gadai BPKB Mobil Atas Nama Orang Lain


gadai BPKB mobil atas nama orang lain

Ada yang bilang gadai BKKB mobil atas nama orang lain itu tidak bisa dilakukan. Pihak yang memberikan dana gadai pasti akan menolak.

Benarkah demikian?
Anggapan seperti itu kelihatannya benar. Bagaimana mungkin Anda mengajukan pinjaman dengan sistem gadai BPKB mobil yang bukan milik Anda sendiri. Aneh, bukan?

Namun, fakta berkata lain. Pihak gadai sekarang lebih longgar. Apalagi sudah ada peraturan yang menunjukkan bahwa hal seperti ini legal. Hanya saja, memang ada syarat-syarat yang perlu dipenuhi. Ada beberapa dokumen tambahan yang harus dilengkapi.

Apa saja dokumen yang diperlukan Gadai BPKB Mobil Atas Nama Orang Lain ?

gadai BPKB mobil atas nama orang lain

1. Fotocopy Identitas

Jika Anda ingin mengajukan gadai BPKB mobil milik orang lain, Anda harus menyertakan fotocopy identitas pemilik mobil dan juga fotocopy identitas Anda. Keduanya harus Anda serahkan?

Kenapa harus demikian? Jika terjaga angsuran macet, pihak gadai bisa menghubungi Anda sebagai orang yang mengajukan gadai.

Akan lebih baik juga jika Anda sertakan fotocopy KK. Jadi, bukan hanya fotocopy KTP saja yang Anda serahkan.

2.Fotocopy NPWP

Apakah Anda sudah memiliki NPWP? Jika belum, sangat sulit pengajuan pinjaman uang dengan sistem gadai disetujui.

NPWP ini sangat penting bagi pihak gadai. Mereka bisa menilai apakah Anda orang yang bisa dipercaya atau tidak. Karena dari NPWP tersebut, mereka bisa melihat bagaimana history finansial Anda.

3.Fotocopy Slip Gaji

Kenapa orang memilih gadai BPKB mobil atas nama orang lain? Ada banyak sekali faktor. Bisa saja orang tersebut sudah menggadaikan BPKB mobil milik sendiri. Namun, karena masih butuh dana tambahan, ia gunakan BPKB mobil orang lain untuk mengajukan pinjaman.

Di sisi lain, pihak gadai tidak mau kalah. Mereka akan melihat kemampuan finansial Anda dengan cara meneliti slip gaji Anda.

Bagaimana jika Anda bukan karyawan? Jika Anda bukan karyawan, otomatis Anda tidak punya slip gaji. Anda wajib menunjukkan surat keterangan usaha. Ini menunjukkan Anda seorang pengusaha atau wiraswasta yang memiliki penghasilan tertentu. Pihak gadai BKPB bisa menaksir berapa omset usaha Anda. Dengan demikian, mereka tahu apakah Anda mampu melakukan angsuran secara rutin atau tidak.

4.Fotocopy Akta Nikah, Jika Melakukan Gadai BPKB Mobil Atas Nama Orang Lain

pinjaman bank pegadaian
Jika Anda menggadaikan BPKB mobil sendiri, Anda sebenarnya tidak perlu menunjukkan surat nikah. Namun, jika Anda gadai BPKB kendaraan milik orang lain, sebaiknya Anda sertakan dokumen yang satu ini.

Menggadaikan BPKB milik orang lain memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Anda tahu apa itu? Dengan melakukan gadai BPKB mobil atas nama orang lain, besar sekali kemungkinan pengajuan pinjaman akan disetujui. Pasalnya, dengan menyodorkan BPKB mobil lain, ini akan membuat pihak gadai lebih yakin untuk mencairkan dana pinjaman sesuai dengan yang Anda inginkan.